Silvia, Dwi Zahara (2024) Studi Etnografi Ruang Kelas: Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Kelas Xi Ips Man 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
3202122002_Cover.pdf
Download (229kB)
3202122002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
3202122002_Abstrak.pdf
Download (212kB)
3202122002_Kata_Pengantar.pdf
Download (300kB)
3202122002_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
3202122002_Daftar_Tabel.pdf
Download (209kB)
3202122002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (210kB)
3202122002_Daftar_Isi.pdf
Download (267kB)
3202122002_BAB_I.pdf
Download (552kB)
3202122002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (611kB)
3202122002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
3202122002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
3202122002_BAB_V.pdf
Download (271kB)
3202122002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (489kB)
3202122002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Serta Mengidentifikasi Hambatan Dalam Interaksi Guru Dan Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS MAN 1 Medan. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Etnografi. Teknik Pengumpulan Data Penelitian Melalui Observasi Partisipatif, Wawancara Mendalam, Dokumentasi Dan Catatan Lapangan. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Interaksi Yang Baik Antara Guru Dan Peserta Didik Berkontribusi Positif Terhadap Hubungan Dan Keterlibatan Peserta Didik. Guru Berhasil Membangun Hubungan Yang Efektif Melalui Hubungan Emosional, Komunikasi Positif, Berbagi Pengalaman, Pembentukan Kebiasaan Baik, Dan Dukungan Melalui Umpan Balik Yang Baik, Yang Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik. Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Dimulai Dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti Dan Kegiatan Penutup Interaksi Guru Dan Siswa Membentuk Pola-Pola Tertentu Yaitu Interaksi Satu Arah Yang Terjadi Jika Hanya Guru Yang Memberikan Aksi Kepada Siswa, Lalu Sifatnya Kemudian Berubah Menjadi Dua Arah Ketika Ada Reaksi Oleh Peserta Didik, Dan Menjadi Multiarah Ketika Interaksi Terjadi Lebih Kompleks Misalnya Ketika Kegiatan Presentasi. Penelitian Ini Juga Menemukan Adanya Hambatan Dalam Interaksi Antara Guru Dan Siswa. Seperti Kurangnya Respon Dan Partisipasi Serta Keterbatasan Waktu Yang Membuat Guru Kesulitan Memahami Kebutuhan Spesifik Mereka. Dan Hambatan Bagi Siswa Itu Sendiri Berupa Hambatan Psikologis Dan Emosional Seperti Kurangnya Rasa Percaya Diri Dan Rasa Malu Untuk Aktif Dan Berpartisipasi Di Dalam Kelas
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Interaksi; Pembelajaran Sosiologi; Guru; Siswa |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 10 Mar 2025 05:11 |
| Last Modified: | 18 Jul 2025 01:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60773 |
