PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD PANCA BUDI T.A 2023/2024

ZAHARA, JIHAN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD PANCA BUDI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111019_Cover.pdf] Text
1203111019_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 1203111019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 1203111019_Abstrak.pdf] Text
1203111019_Abstrak.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 1203111019_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111019_Kata_Pengantar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1203111019_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111019_Daftar_Isi.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203111019_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111019_Daftar_Gambar.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1203111019_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111019_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1203111019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 1203111019_BAB_I.pdf] Text
1203111019_BAB_I.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1203111019_BAB_V.pdf] Text
1203111019_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203111019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Kelayakan media pembelajaran interaktif
berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II
materi “Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Rumah dan Sekolah”, (2) Praktikalitas
media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila di kelas II materi “Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Rumah
dan Sekolah”, dan (3) Keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis
Articulate Storyline pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II materi
“Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Rumah dan Sekolah”. Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas II-1 SD Panca Budi Medan yang berjumlah 20
orang dan objek pada penelitian ini adalah media pembelajaran Articulate Storyline.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu
analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation
(implementasi), evalution (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan
hasil validasi ahli materi 81,3% pada kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli
media 88% pada kriteria sangat layak. Praktikalitas media diperoleh melalui hasil
penilaian oleh ahli praktisi pendidikan yaitu guru kelas, yaitu termasuk pada kriteria
sangat praktis dengan perolehan hasil validasi 83%. Efektivitas diperoleh melalui
pretest dan posttest, hasil nilai efektifitas pada pretest mencapai 55% termasuk
tingkat capaian “tidak efektif” dan posttest mencapai 95% termasuk dalam kategori
“sangat efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
menggunakan produk media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline
pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II SD Panca Budi Medan layak,
praktif, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:35
Last Modified: 02 Jul 2025 01:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60768

Actions (login required)

View Item
View Item