PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 060913 MEDAN TEMBUNG

HARAHAP, IKA NURJANNAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 060913 MEDAN TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111090_Cover.pdf] Text
1203111090_Cover.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1203111090_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111090_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of 1203111090_Abstrak.pdf] Text
1203111090_Abstrak.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1203111090_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111090_Kata_Pengantar.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of 1203111090_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111090_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111090_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111090_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203111090_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111090_Daftar_Tabel.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1203111090_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111090_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1203111090_BAB_I.pdf] Text
1203111090_BAB_I.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 1203111090_BAB_V.pdf] Text
1203111090_BAB_V.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 1203111090_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Validitas media pembelalajarn Flipbook berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V materi “Belajar Berwirausaha”, (2) Praktikalitas media pembelajaran Flipbook berbasis Augmented Reality pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V materi “Belajar Berwirausaha”, dan (3) Efektivitas media pembelajaran Flipbook berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V materi “Belajar Berwirausaha”. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 060913 Medan Tembung yang berjumlah 21 orang dan objek penelitian ini adalah media Flipbook berbasis Augmented Reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas oleh ahli materi mencapai 89% dengan kategori Sangat Layak, validasi oleh ahli media sebesar 82% juga dinilai Sangat Layak. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan menunjukkan respons guru sebesar 84% yang dinilai Sangat Praktis, dan respons siswa sebesar 90% juga tergolong Sangat Praktis. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata pre-test sebesar 51,90% dengan kategori Tidak Efektif, sementara post-test mencapai 86,90% yang dinilai Sangat Efektif. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook berbasis Augmented Reality valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 060913 Medan Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Flipbook, Augmented Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:56
Last Modified: 02 Jul 2025 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60681

Actions (login required)

View Item
View Item