Fitra, Muhammad (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM BERSAHAJA KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1113371014 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 1113371014 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
3. NIM 1113371014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 1113371014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM 1113371014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 1113371014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 1113371014 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
11. NIM 1113371014 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
12. NIM 1113371014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN, 2016.
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia “Pembelajaran” adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran juga diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan serta pembentukan sikap peserta didik.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 30 peserta didik. Sampel penelitian 30 diambil dari semua populasi, dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus P=F/N x100%.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa peserta didik selalu melaksanakan pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja yaitu sebesar 39,06% dengan keterangan sangat baik, peserta didik sering melaksanakan pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja yaitu sebesar 43,06% dengan keterangan baik, peserta didik kadang-kadang melaksanakan pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja yaitu sebesar16,53% dengan keterangan kurang baik dan peserta didik tidak pernah melaksanakan pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja yaitu sebesar 1,33% dengan keterangan tidak baik. Di dalam pelaksanaan pembelajaran ada kegiatan pendahuluan yang mana diperoleh data sebesar 45,3%, kegiatan inti diperoleh data sebesar 45,5% dan kegiatan penutup diperoleh data sebesar 48,3% dengan keterangan kurang baik. Dengan demikian dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Peserta Didik dan Tutor Kurang Baik Dalam Melaksanakan Pembelajaran Paket B di PKBM Bersahaja Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 006 |
Keywords: | Unsur-unsur Pembelajaran; Penertia Kaket B; PKBM |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 02:11 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6066 |