PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 105273 HELVETIA T.A 2023/2024

SIAGIAN, HANNA TRIFENA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 105273 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111042_Cover.pdf] Text
1203111042_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1203111042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of 1203111042_Abstrak.pdf] Text
1203111042_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1203111042_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111042_Kata_Pengantar.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 1203111042_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111042_Daftar_Isi.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 1203111042_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111042_Daftar_Gambar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203111042_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111042_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203111042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203111042_BAB_I.pdf] Text
1203111042_BAB_I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 1203111042_BAB_V.pdf] Text
1203111042_BAB_V.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1203111042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dilapangan rendahnya hasil belajar IPAS yang diperoleh siswa kelas V SDN 105273 Helvetia. Penggunaan alat peraga maupun media yang kurang maksimal. Masih terbatasnya media pembelajaran berbasis android yang berbentuk game edukasi yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas maupun diluar kelas.Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang layak pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia; (2) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang praktis pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia; (3) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang efektif pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas V SD Negeri 105273 Helvetia. Penelitian ini menghasilkan produk media game edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi mendapatkan skor 96 dengan persentase 96%, uji validasi media mendapatkan skor 96 dengan persentase 976% dan rata-rata validasi media dan validasi materi adalah 96,9% berada pada kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran yang divalidasi oleh praktisi Pendidikan (guru kelas) mendapatkan skor 96 dengan persentase 96% berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektivitas dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan uji coba produk mengunakan pre-test dengan rata rata 54,38 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test dengan rata rata 86,41 mengalami peningkatan sebesar 32,23.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diatas,maka dapat disimpulkan bahwa media game edukasi pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 105273 Helvetia sangat layak,sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengengembangan Media, Game edukasi, Model ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:03
Last Modified: 02 Jul 2025 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60618

Actions (login required)

View Item
View Item