SIAGIAN, HANNA TRIFENA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 105273 HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111042_Cover.pdf
Download (72kB)
1203111042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (698kB)
1203111042_Abstrak.pdf
Download (64kB)
1203111042_Kata_Pengantar.pdf
Download (445kB)
1203111042_Daftar_Isi.pdf
Download (557kB)
1203111042_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1203111042_Daftar_Gambar.pdf
Download (214kB)
1203111042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
1203111042_BAB_I.pdf
Download (252kB)
1203111042_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (531kB)
1203111042_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111042_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
1203111042_BAB_V.pdf
Download (168kB)
1203111042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (275kB)
1203111042_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan dilapangan rendahnya hasil belajar IPAS yang diperoleh siswa kelas V SDN 105273 Helvetia. Penggunaan alat peraga maupun media yang kurang maksimal. Masih terbatasnya media pembelajaran berbasis android yang berbentuk game edukasi yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas maupun diluar kelas.Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang layak pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia; (2) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang praktis pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia; (3) mengembangkan media pembelajaran game edukasi yang efektif pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105273 Helvetia. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas V SD Negeri 105273 Helvetia. Penelitian ini menghasilkan produk media game edukasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi mendapatkan skor 96 dengan persentase 96%, uji validasi media mendapatkan skor 96 dengan persentase 976% dan rata-rata validasi media dan validasi materi adalah 96,9% berada pada kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran yang divalidasi oleh praktisi Pendidikan (guru kelas) mendapatkan skor 96 dengan persentase 96% berada pada kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektivitas dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan uji coba produk mengunakan pre-test dengan rata rata 54,38 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test dengan rata rata 86,41 mengalami peningkatan sebesar 32,23.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diatas,maka dapat disimpulkan bahwa media game edukasi pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 105273 Helvetia sangat layak,sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas V SD.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengengembangan Media, Game edukasi, Model ADDIE. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:03 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 03:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60618 |
