Has, Farida (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA DI PAUD AISYAH DESA MANGGA DUA KEC. TANJUNG BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 (1123371033)_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 (1123371033)_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3 (1123371033)_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4 (1123371033)_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5 (1123371033)_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6 (1123371033)_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 (1123371033)_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 (1123371033)_BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
12 (1123371033)_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13 (1123371033)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Perkembangan sosial anak belum berkembang terlihat dari anak belum mau berbagi dalam hal bermain; (2) Guru tidak memperhatikan aktivitas anak pada saat proses belajar mengajar; (3) Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak usia 4-5 tahun melalui penggunaan metode karyawisata di Paud Aisyah Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin T.A 2015/2016.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Perkembangan Sosial Anak menurut Susanto Ahmad (2011) “ Menyatakan perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh proses perlakuan atau bimbingan orang tua terhadap anak dalam berbagai aspek kehidupan sosial” dan teori tentang Metode Karyawisata menurut Syaiful & Azwan Zain (2006) “ mengatakan bahwa kadang-kadang dalam proses belajar mengajar siswa perlu diajak keluar sekolah, untuk meninjau tempat atau objek yang lain.
Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang anak dan 2 orang guru Paud Aisyah. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi anak, lembar kegiatan mengajar guru, teknik analisis data menggunakan rumus P f/n x100%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode karyawisata perkembangan sosial anak lebih meningkat di paud Aisyah desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin. Dari hasil observasi pada siklus I anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Tinggi sebanyak 25% (3 orang anak), sedangkan anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Sedang sebanyak 58% sebanyak (7 orang anak) dan anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Rendah sebanyak 16% (2 orang anak). Dan pada observasi siklus II, anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Sangat Tinggi sebanyak 25% (3 orang anak), sedangkan anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Tinggi sebanyak 50% (6 orang anak) dan anak yang memiliki tingkat perkembangan sosial Sedang sebanyak 25% (3 orang anak). Dari hasil observasi perkembangan sosial anak terungkap bahwa, metode karyawisata dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Oleh karena itu metode karyawisata dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak di Paud Aisyah Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 015 |
Keywords: | Perkembangan Sosial; Metode Karyawisata; PAUD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 08:00 |
Last Modified: | 13 Jul 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6061 |