EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAKU EKONOMI KELAS V UPT SD NEGERI 066056 MEDAN

SINAGA, FRISKA LORENCIA (2024) EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAKU EKONOMI KELAS V UPT SD NEGERI 066056 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111028_Cover.pdf] Text
1203111028_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1203111028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 1203111028_Abstrak.pdf] Text
1203111028_Abstrak.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203111028_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111028_Kata_Pengantar.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1203111028_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111028_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1203111028_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111028_Daftar_Gambar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1203111028_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111028_Daftar_Tabel.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203111028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203111028_BAB_I.pdf] Text
1203111028_BAB_I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1203111028_BAB_V.pdf] Text
1203111028_BAB_V.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada materi pelaku ekonomi kelas V UPT SD Negeri 066056 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Peneliti menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan jenis penelitian one group pre-test post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V UPT SD Negeri 066056 Medan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling total. Hasilnya ditetapkan seluruh siswa kelas V sebagai sampel yang berjumlah 20 siswa. Uji validasi instrumen tes dilakukan dengan menggunakan pendapat ahli yang berjumlah 25 soal. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, seterusnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi yang merupakan uji paired sample t-test dengan taraf signifikasi 5% serta uji N-Gain. Data diolah menggunakan program SPSS versi 26. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya perbedaan hasil belajar yang signifikan pada siswa sebelum mendapatkan pembelajaran menggunakan metode bermain peran dan sesudah mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan metode bermain peran. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung = 32,025 > ttabel = 2,093 dengan df = 19 atau nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Serta didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,7720 dengan kategori “tinggi”. Hasil perhitungan persentasi N-Gain diperoleh nilai sebesar 77,2002 dengan kriteria uji efektivitas menyatakan bahwa jika metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa dikategorikan “efektif”. Artinya metode bermain peran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi pelaku ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pelaku Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:11
Last Modified: 02 Jul 2025 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60575

Actions (login required)

View Item
View Item