Silitonga, Vedro Lambok Saputra (2024) PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131051_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4203131051_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of 4203131051_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Abstrak.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 4203131051_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Kata_Pengantar.pdf
Download (732kB)
![[thumbnail of 4203131051_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Daftar_Isi.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 4203131051_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_BAB_I.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 4203131051_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (206kB)
![[thumbnail of 4203131051_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
![[thumbnail of 4203131051_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
![[thumbnail of 4203131051_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_BAB_V.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 4203131051_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Daftar_Pustaka.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 4203131051_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131051_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, media, serta interaksi antara model pembelajaran dan media terhadap nilai hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2023/2024. Sampel diambil secara acak sebanyak 4 kelas dan sampel siswa diambil secara purposive 10 orang per kelas berdasarkan kehomogenan statusnya. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : Model Pembelajaran dengan dua taraf yaitu A1 = Discovery learning A2 =Problem Based Learning (PBL) , faktor B : Media pembelajaran dengan dua taraf yaitu B1 = Media powerpoint, B2 = Media peta konsep. Data berupa nilai hasil belajar siswa dianalisis dengan Anava dua jalur pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran dan Media terhadap nilai hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan di SMA. Nilai hasil belajar siswa yang diberi kombinasi perlakuan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media powerpoint secara nyata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil Belajar Siswa yang diberi kombinasi perlakuan Model Pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media petak onsep. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa yang diberi kombinasi perlakuan Model Discovery Learning dengan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan kombinasi perlakuan Model Discovery Learning dengan menggunakan media powerpoint. Pembelajaran materi kesetimbangan di SMA yang mengkombinasikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media powerpoint memberikan rataan nilai hasil belajar siswa yang paling tinggi yaitu 87,0 ± 5,87. Sebaliknya, penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang dikombinasikan dengan penerapan media powerpoint, memberikan rataan hasil belajar kimia siswa yang paling rendah yaitu sebesar 77,0 ± 6,32. Direkomendasikan, bahwa dalam mengajarkan materi kesetimbangan di SMA sebaiknya guru mengkombinasikan model pembelajaran dengan media yang benar-benar sesuai. Jika guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sebaiknya guru mengaplikasikan media power point, jika guru menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, sebaiknya gunakanlah media peta konsep sehingga diharapkan nilai hasil belajar siswa akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Peta Konsep, Power Point, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 02:32 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60525 |