IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA

Ginting, Tisa Florensia (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331032_Cover.pdf] Text
4203331032_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_Abstrak.pdf] Text
4203331032_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331032_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331032_Daftar_Isi.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of 4203331032_BAB_I.pdf] Text
4203331032_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_BAB_V.pdf] Text
4203331032_BAB_V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203331032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Evaluasi Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap Evaluasi Hasil Belajar dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara pengetahuan awal yang tinggi dan pengetahuan awal yang rendah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains pada materi Asam Basa. Penelitian ini menggunakan desain paradigma ganda dengan dua variabel independent dan satu variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kabanjahe yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 yang diajarkan dengan model Project Based Learning terintegrasi Keterampilan Generik Sains dengan perangkat pembelajaran yang terdiri dari evaluasi pengetahuan awal, bahan ajar, lembar kerja peserta didik, dan evaluasi hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes evaluasi pengetahuan awal, instrument tes evaluasi hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta didik serta non tes lembar observasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear ganda dan uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan nilai antara Pengetahuan Awal dan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar dan terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar antara siswa yang kemampuan awalnya tergolong tinggi dengan siswa yang kemampuan awalnya tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 2 Gin i
Keywords: Project based learning; Pengetahuan awal; Hasil belajar; Keterampilan generik sains; Asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:23
Last Modified: 05 Jun 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60518

Actions (login required)

View Item
View Item