PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS TOPIK INDONESIAKU KAYA ALAMNYA KELAS V SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024

RAMADANI, FADILAH (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS TOPIK INDONESIAKU KAYA ALAMNYA KELAS V SD NEGERI 106806 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111009_Cover.pdf] Text
1201111009_Cover.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1201111009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of 1201111009_Abstrak.pdf] Text
1201111009_Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 1201111009_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111009_Kata_Pengantar.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 1201111009_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111009_Daftar_Isi.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 1201111009_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111009_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1201111009_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111009_Daftar_Tabel.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1201111009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 1201111009_BAB_I.pdf] Text
1201111009_BAB_I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 1201111009_BAB_V.pdf] Text
1201111009_BAB_V.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1201111009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (524kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS Topik Indonesiaku Kaya Alamnya Kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA dan kelas VB SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan desain purposive sampling yang menentukan kelas VA sebanyak 36 peserta didik sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebanyak 35 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dengan ketentuan melihat rendahnya hasil ujian MID semester ganjil kelas V pada mata pelajaran IPAS, sehingga banyaknya keseluruhan sampel yang digunakan adalah 71 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal yang sudah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda tes. Selanjutnya perolehan nilai hasil instrumen penelitian dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPAS topik Indonesiaku Kaya Alamnya dengan menggunakan metode Outdoor Learning di kelas VB SD Negeri 106806 Cinta Rakyat, ditunjukkan berdasarkan hasil analisis memperoleh nilai rata-rata pada pretest yaitu sebesar 51,89 sementara perolehan nilai pada posttest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,09. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh yaitu thitung > ttabel dengan nilai 22,94 > 1,973 pada taraf signifikan 0,05 yang diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan nilai pada uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS Topik Indonesiaku Kaya Alamnya kelas V SD Negeri 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60515

Actions (login required)

View Item
View Item