PENGEMBANGAN MEDIA HERBARIUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 091367 SIMPANG KINALANG

SARIBU, ERNESTINE TAMBUN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA HERBARIUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 091367 SIMPANG KINALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111155_Cover.pdf] Text
1203111155_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1203111155_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111155_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203111155_Abstrak.pdf] Text
1203111155_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203111155_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111155_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1203111155_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111155_Daftar_Isi.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 1203111155_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111155_Daftar_Gambar.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 1203111155_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111155_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1203111155_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111155_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111155_BAB_I.pdf] Text
1203111155_BAB_I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 1203111155_BAB_V.pdf] Text
1203111155_BAB_V.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 1203111155_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111155_Daftar_Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini direalisasikan dengan tujuan untuk mengembangkan media herbarium berbasis pendekatan saintifik yang teruji validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Media ini diteliti dan dikembangkan dengan motode penelitian Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Implementasi penelitian dilaksanakan di SDN 091367 Simpang Kinalang terhadap siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang, serta melibatkan tiga validator dalam menentukan validitas dan praktikalitas herbarium. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Validasi tampilan media herbarium sebesar 89% dan validasi materi sebesar 90% kedua skor penilaian tersebut masuk kedalam kategori “sangat valid”; 2) Tingkat kepraktisan herbarium yang dinilai oleh guru kelas IV memperoleh persentase 93,3% masuk kedalam golongan “sangat praktis”; 3) Tingkat keefektifan yang diperoleh dari selisih post-test dan pre-test yaitu sebesar 0,762 (masuk dalam kategori peningkatan pemahaman yang tinggi) serta 76,2% n-gain dalam bentuk persentase menyimpulkan bahwa media herbarium masuk kedalam kategori yang “efektif”. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa media herbarium berbasis pendekatan saintifik dinyatakan layak sebab memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media herbarium, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:45
Last Modified: 21 Jul 2025 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60484

Actions (login required)

View Item
View Item