HUTASOIT, ELNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173276 HUTASOIT PARDOMUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111022_Cover.pdf
Download (86kB)
1203111022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
1203111022_Abstrak.pdf
Download (62kB)
1203111022_Kata_Pengantar.pdf
Download (187kB)
1203111022_Daftar_Isi.pdf
Download (153kB)
1203111022_Daftar_Tabel.pdf
Download (32kB)
1203111022_Daftar_Gambar.pdf
Download (31kB)
1203111022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
1203111022_BAB_I.pdf
Download (293kB)
1203111022_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (891kB)
1203111022_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
1203111022_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (851kB)
1203111022_BAB_V.pdf
Download (60kB)
1203111022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (62kB)
1203111022_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media puzzle terhadap
hasil belajar siswa kelas IV SDN 173276 Hutasoit Pardomuan , dan (2) Untuk
mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media puzzle
terhadap hasil belajar siswa Kelas lV SD Negeri 173276 Hutasoit Pardomuan T.A
2023/22024 pada materi pecahan.Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut,
penelitian ini dirancang dengan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di
SDN 173276 Hutasoit Pardomuan dengan waktu penelitian yaitu pada bulan april
2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design
dengan jenis one-group pretest-posttest desain. Sampel yang diambil sebanyak
satu kelas dengan siswa sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes tulis. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji independent t-test.Berdasarkan analisis data ditemukan
bahwa (1) penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika termasuk
dalam kategori cukup efektif yang menunjukkan pada persentase 75%, (2)
Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle dalam
pembelajaran dimana nilai t hitung yang bernilai 19.024 lebih besar dari nilai t
tabel sebesar 2,056 dan nilai sig <0,05 yaitu 0,000.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Puzzle, Hasil Belajar, Matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:48 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 05:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60466 |
