Lara, Setia (2024) INOVASI VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Cover.pdf
Download (197kB)
![[thumbnail of 4203131020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (543kB)
![[thumbnail of 4203131020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Abstrak.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 4203131020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Kata_Pengantar.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 4203131020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Daftar_Isi.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of 4203131020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_BAB_I.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of 4203131020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_BAB_V.pdf
Download (377kB)
![[thumbnail of 4203131020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (399kB)
Abstract
Penggunaan virtual laboratorium perlu digalakkan untuk mengadaptasi keseharian digital siswa. Studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi laboratorium virtual, mengetahui komponen-komponen yang perlu diintegrasikan pada inovasi Laboratorium Virtual, mengetahui aktivitas belajar mengajar siswa ketika diajarkan dengan menggunakan Laboratorium Virtual, mengetahui capaian belajar keterampilan berpikir kritis siswa ketika diajarkan di Laboratorium Virtual, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, dan mengetahui korelasi antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Ranah Batahan melibatkan siswa kelas XI IPA SMA yang mengikuti pelajaran kimia. Sampel dipilih secara purposif sebanyak 50 siswa melalui teknik homogensisasi menggunakan pretes dan mengeluarkan outlier sampel, di kelompokkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian: Virtual laboratorium yang dibuat dalam bentuk Web yang dibagikan dalam bentuk link diakes ke dalam komputer yang diintegrasikan dengan pembelajaran aktif menggunakan model 4D, standarisasi media ajar memperoleh rata-rata kelayakan media sebesar 3,56 ± 0,021, sedangkan untuk hasil belajarnya kelas eksperimen 83,00 ± 4,947 dan kelas kontrol 65,40 ± 7,022 dan nilai tambahan latihan kelas kontrol 78,24 ± 7,445 dan kelas eskperimen 84,80 ± 6,904 Capaian keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai lembar observasi rata-rata sebesar 82,6 ± 0,51. Penentuan perbedaan hasil belajar dilakukan uji Independent sampel T-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 yang berarti sig (2-tailed) < (0,05), maka Ha diteima. Sehingga, terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan korelasi dengan uji Bivariate pearson Correlation diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,013 yang berarti sig (2-tailed) < 0,05 dengan Person Correlation sebesar 0,490, maka Ha diterima. Oleh sebab itu terdapat hubungan anatara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa pada pengajaran titrasi asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.712 Lar i |
Keywords: | Virtual laboratorium; Titrasi asam basa; Hasil belajar; Pembelajaran aktif; Berpikir sains; Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:45 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60431 |