SIHOMBING, CRISTINA (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 106806 CINTA RAKYAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111107_Cover.pdf
Download (166kB)
1203111107_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (617kB)
1203111107_Abstrak.pdf
Download (159kB)
1203111107_Kata_Pengantar.pdf
Download (413kB)
1203111107_Daftar_Isi.pdf
Download (548kB)
1203111107_Daftar_Tabel.pdf
Download (245kB)
1203111107_Daftar_Gambar.pdf
Download (243kB)
1203111107_Daftar_Lampiran.pdf
Download (245kB)
1203111107_BAB_I.pdf
Download (410kB)
1203111107_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (575kB)
1203111107_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (566kB)
1203111107_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (441kB)
1203111107_BAB_V.pdf
Download (130kB)
1203111107_Daftar_Pustaka.pdf
Download (273kB)
1203111107_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media permainan Truth or Dare terhadap minat belajar siswa di kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024. Penelitian kuantitatif pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan model Quasi Eksperimen yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sistematis. Dengan demikian peneliti memutuskan untuk menggunakan kelas VA (kelas kontrol) dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang siswa dan kelas VB (kelas eksperimen) dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang berisi 27 butir pernyataan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample test. Hasil asalisis data menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar dengan menggunakan media permainan Truth or Dare pada kelas eksperimen yaitu 85,06 sedangkat rata-rata minat belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol yaitu 70,56. Berdasarkan hasil uji Independent Sample Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan ketentuan taraf signifikansi 0,05 atau nilai sig 0,000 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media permainan Truth or Dare terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Permainan Truth or Dare, Minat Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:55 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:30 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60364 |
