Mandawati, Sabila (2024) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Swasta Budi Satrya Medan T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
3201121025_Cover.pdf
Download (69kB)
3201121025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (626kB)
3201121025_Abstrak.pdf
Download (96kB)
3201121025_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
3201121025_Daftar_Gambar.pdf
Download (101kB)
3201121025_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
3201121025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
3201121025_Daftar_Isi.pdf
Download (194kB)
3201121025_BAB_I.pdf
Download (288kB)
3201121025_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (594kB)
3201121025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (249kB)
3201121025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (998kB)
3201121025_BAB_V.pdf
Download (147kB)
3201121025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (115kB)
3201121025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kegiatan Pembelajaran Dirancang Untuk Meningkatkan Potensi Seluruh Siswa Menjadi Kompetensi Yang Dibutuhkan, Karena Pendekatan Saintifik Adalah Cara Melakukan Kegiatan Dengan Menekankan Pada Pengamatan, Pengumpulan Data, Dan Pemecahan Masalah Sebagai Inti Dari Pembelajaran Secara Teratur Dan Sistematis. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meneliti: (1) Perencanaan Yang Digunakan Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sejarah (2) Pelaksanaan Pendekatan Saintifik (3) Hasil Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah. Jenis Penelitian Ini Merupakan Penelitian Kualitatif Yang Menggunakan Pendekatan Deskriptif, Dengan Memanfaatkan Teknik Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi Yang Difokuskan Pada Guru Sejarah. Informan Dalam Penelitian Ini Yaitu Guru Sejarah, Waka Kurikulum, Dan Para Siswa Yang Dipilih Berasal Dari Satu Kelas XII IPS 1. Teknik Analisis Data Melibatkan Teknik Deskripsi Yang Mencakup Langkah-Langkah Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Temuan Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa: 1) Perencanaan Pendekatan Saintifik Meliputi Mengkaji Silabus, Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar, Dan Menjabarkan Kegiatan Pembelajaran Operasional Yang Sesuai Dengan Kondisi Peserta Didik. 2) Pelaksanaannya Melibatkan Kegiatan Mengumpulkan, Menalar, Dan Mengkomunikasikan Kesulitan Dalam Mengamati Gambar. 3) Hasilnya Menunjukkan Perlunya Pelatihan Mendalam Bagi Guru Dalam Penyusunan RPP.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Sejarah; Pendekatan Saintifik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:01 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 09:01 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60301 |
