PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMAKER PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 013856 SELAWAN KISARAN

SARAGIH, ASRI NATASYA P. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN ANIMAKER PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 013856 SELAWAN KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111160_Cover.pdf] Text
1203111160_Cover.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1203111160_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111160_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 1203111160_Abstrak.pdf] Text
1203111160_Abstrak.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 1203111160_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111160_Kata_Pengantar.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203111160_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111160_Daftar_Isi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1203111160_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111160_Daftar_Gambar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1203111160_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111160_Daftar_Tabel.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1203111160_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111160_Daftar_Lampiran.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 1203111160_BAB_I.pdf] Text
1203111160_BAB_I.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 1203111160_BAB_V.pdf] Text
1203111160_BAB_V.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 1203111160_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111160_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 SD Negeri 013856 Selawan Kisaran (2) praktikalitas media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 SD Negeri 013856 Selawan Kisaran dan (3) Efektivitas media pembelajaran berbasis interaktif mengunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas 4 Negeri 013856 Selawan Kisaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), implementasion (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis interaktif mengunakan animaker berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 72,72% dengan kategori layak dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Praktikalitas media diperoleh melalui hasil penilaian oleh ahli praktisi dengan hasil persentase sebesar 90% dan termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Efektivitas media pada Uji n-gain yang dilakukan pada siswa kelas IV SD diperoleh hasil 0,74 masuk dalam kategori “sedang”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis interaktif menggunakan animaker pada tema 7 subtema 2 indahnya keberagaman budaya negeriku kelas IV SDN 013856 Selawan layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Interaktif, Animaker
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:03
Last Modified: 21 Jul 2025 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60283

Actions (login required)

View Item
View Item