Adilah, Safirah (2024) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF KIMIA SISWA KELAS XII (STUDI KASUS DI SMAN 15 MEDAN DAN MAN 1 MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.
4193331011_Cover.pdf
Download (98kB)
4193331011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (188kB)
4193331011_Abstrak.pdf
Download (34kB)
4193331011_Kata_Pengantar.pdf
Download (676kB)
4193331011_Daftar_Isi.pdf
Download (182kB)
4193331011_Daftar_Gambar.pdf
Download (112kB)
4193331011_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
4193331011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
4193331011_BAB_I.pdf
Download (272kB)
4193331011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (652kB)
4193331011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
4193331011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (209kB)
4193331011_BAB_V.pdf
Download (33kB)
4193331011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (162kB)
4193331011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan kemampuan kimia pada siswa SMAN 15 dan MAN 1 Medan, serta untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan kemampuan kimia pada siswa laki-laki dan perempuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN 15 dan MAN 1 yang masing-masing berjumlah 245 dan 340 siswa. Sampel yang diambil masing-masing berjumlah 25 dan 34 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah intrumen non tes berupa angket religiusitas yang berjumlah 30 pernyataan dan instrumen tes kemampuan kimia sebanyak 40 soal pilihan berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan uji koefien korelasi dan determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) pada lima hipotesis yang diujikan berturut-turut sebesar 0,566; 0,641; 0,594; 0,676; dan 0,532 dengan sig<0,05 yang berarti ada hubungan yang signifikan secara positif antara religiusitas dengan kemampuan kimia siswa. Tingkat hubungan yang signifikan secara positif ini secara berurut berada dalam kategori sedang, tinggi, sedang, tinggi, dan sedang. Adapun besarnya kontribusi religiusitas terhadap kemampuan kimia siswa pada kelima hipotesis yang diujikan berturut-turut sebesar 41,1; 32; 35,3; 45,8 dan 28,3%. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain yang juga berpengaruh terhadap kemampuan kimia siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan kimia; Religiusitas; Sikap keagamaan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:05 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 06:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60276 |
