Pardosi,, Ronasib (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5113111036 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM. 5113111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3. NIM. 5113111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 5113111036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 5113111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
6. NIM. 5113111036 TABLE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 5113111036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
8. NIM. 5113111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. NIM. 5113111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
13. NIM. 5113111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
14. NIM. 5113111036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas TGB 2 sebagai kelompok Eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan sebagai pembanding adalah kelas TGB 1 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 28 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization dan metode pembelajaran Konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan sebagai variabel terikat.
Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas digunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Instrumen tes hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang valid diperoleh 23 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,9410.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil Fhitung= 7,919 dan Ftabel = 4,022, disimpulkan bahwa hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan metode pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Dari perhitungan uji t diperoleh bahwa thitung = 2,814 > ttabel= 1,693, berarti terima Ha dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Team Assisted Individualization memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 034 |
Keywords: | Team Assisted Individualization; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:57 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6026 |