PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 001 BAGAN BATU KOTA

NURZAHIRA, ALYA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 001 BAGAN BATU KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311056_Cover.pdf] Text
1203311056_Cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203311056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 1203311056_Abstrak.pdf] Text
1203311056_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1203311056_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311056_Kata_Pengantar.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 1203311056_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311056_Daftar_Isi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1203311056_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311056_Daftar_Gambar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203311056_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311056_Daftar_Tabel.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1203311056_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311056_Daftar_Lampiran.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203311056_BAB_I.pdf] Text
1203311056_BAB_I.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of 1203311056_BAB_V.pdf] Text
1203311056_BAB_V.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 1203311056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (378kB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas penggunaan media pembelajaran Genially berbasis permainan ular tangga mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 001 Bagan Batu Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasikan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri 001 Bagan Batu Kota yang adalah 30 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif merupakan Teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Genially berbasis permainan ular tangga mendapatkan persentase 94% kategori “sangat valid” dari ahli materi, ahli media memperoleh 96% kategori “sangat valid”. Hasil persentase praktikalitas sebesar 96% kategori “sangat praktis” dari guru dan hasil uji efektivitas mendapatkan hasil ketuntasan tes diperoleh nilai rata-rata 85,67 dengan persentase 90% kategori sangat efektif dengan hasil nilai N-Gain 0,72. Dengan demikian, media pembelajaran Genially berbasis permainan ular tangga mata pelajaran pendidikan Pancasila yang dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan serta mampu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Permainan Ular Tangga, Genially, dan Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:07
Last Modified: 21 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60233

Actions (login required)

View Item
View Item