Utomo, Ade Budi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509111002 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 509111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 509111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 509111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 509111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 509111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 509111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 509111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 509111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. NIM. 509111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 509111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Aktifitas siswa pada mata diklat Mekanika Teknik? (2) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mekanika Teknik dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK 1 Lubuk Pakam sebanyak 36 orang. Data penelitian diambil dari tes kognitif dan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I yaitu 30.56 % menjadi 72.64% pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu 58,33 % menjadi 94,44% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) 1) meningkatkan aktivitas belajar Mekanika Teknik 2) meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik. Pada mata pelajaran Mekanika Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 024 |
Keywords: | HAsil Belajar; Medol Pembelajaran; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6023 |