PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 LUBUK PAKAM

Utomo, Ade Budi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.   NIM. 509111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 509111002 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2.   NIM. 509111002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 509111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.   NIM. 509111002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 509111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4.   NIM. 509111002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 509111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 5.   NIM. 509111002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 509111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6.   NIM. 509111002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 509111002 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7.   NIM. 509111002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 509111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 8.   NIM. 509111002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 509111002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9.   NIM. 509111002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 509111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 509111002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 509111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 509111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 509111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Aktifitas siswa pada mata diklat Mekanika Teknik? (2) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mekanika Teknik dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2015/2016.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK 1 Lubuk Pakam sebanyak 36 orang. Data penelitian diambil dari tes kognitif dan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktifitas belajar siswa pada siklus I yaitu 30.56 % menjadi 72.64% pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu 58,33 % menjadi 94,44% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) 1) meningkatkan aktivitas belajar Mekanika Teknik 2) meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik. Pada mata pelajaran Mekanika Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 024
Keywords: HAsil Belajar; Medol Pembelajaran;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:44
Last Modified: 27 Jun 2016 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item
View Item