PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAMES SMART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS VI SDN 081235 SIBOLGA

WARUWU, AGNES NOVITASARI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAMES SMART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS VI SDN 081235 SIBOLGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111086_Cover.pdf] Text
1203111086_Cover.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 1203111086_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111086_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 1203111086_Abstrak.pdf] Text
1203111086_Abstrak.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1203111086_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111086_Kata_Pengantar.pdf

Download (808kB)
[thumbnail of 1203111086_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111086_Daftar_Isi.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 1203111086_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111086_Daftar_Gambar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1203111086_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111086_Daftar_Tabel.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 1203111086_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111086_Daftar_Lampiran.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203111086_BAB_I.pdf] Text
1203111086_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1203111086_BAB_V.pdf] Text
1203111086_BAB_V.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of 1203111086_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111086_Daftar_Pustaka.pdf

Download (766kB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas Media Monopoli Games Smart untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Tema 6 Subtema 1 Kelas VI SDN 081235 Sibolga. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Diperoleh hasil uji validasi desain media dengan persentase kelayakan 96% termasuk kategori “Sangat Valid”, hasil uji validasi materi memperoleh persentase kelayakan 96% termasuk kategori “Sangat Valid”, hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 94,66% termasuk kategori “Sangat Praktis”, dan uji efektivitas dengan rata-rata n-gain sebesar 10,95 termasuk kategori “tinggi” dan rata-rata persentase n-gain mencapai 72,99% termasuk kategori “cukup efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Monopoli Games Smart valid, praktis, dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Monopoli Games Smart, Hasil Belajar, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:08
Last Modified: 21 Jul 2025 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60217

Actions (login required)

View Item
View Item