Lumbanraja, Anriano (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113111004 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM. 5113111004 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (938kB) | Preview
03. NIM. 5113111004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04. NIM. 5113111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
05. NIM. 5113111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
06. NIM. 5113111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM. 5113111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
08. NIM. 5113111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
09. NIM. 5113111004 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 5113111004 BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM. 5113111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hasil belajar Menggambar Konstruksi Tangga yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning berbeda dengan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. 2).Hasil belajar menggambar konstruksi tangga yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel penelitian adalah siswa TGB-1 sebagai kelas Eksperimen sebayak 21 orang dan kelas TGB-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 19 orang, sampel diambil secara random assignment yakni berdasarkan undian.
Sebelum penelitian ini dilaksanakan, instrument penelitian tes hasil belajar menggambar konstruksi tangga beton bertulang dengan perangkat AutoCAD terlebih dahulu diujicobakan. Hasil Ujicoba butir tes Instrument tes hasil belajar menggambar konstruksi Tangga beton bertulang dengan perangkat AutoCAD yang valid 17 butir dari 30 butir tes yang diuji cobakan, dan ditambah 3 butir soal yang diperbaiki dengan koefisien reabilitasnya sebesar 0,9560.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil FHitung = 13,297 > FTabel = 4,18, disimpulkan bahwa hasil belajar menggambar konstruksi tangga yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan pembelajaran konvensional menunjukkan perbedaan. Sedangkan perhitungan uji t diperoleh bahwa thitung = 3,646 > ttabel = 1,686. Sehingga dapat bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain, pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar menggambar konstruksi Tangga beton bertulang dengan perangkat AutoCAD siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik gambar bangunan SMKN 1 Balige tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 007 |
Keywords: | Project Based learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:29 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6020 |