Ginting, Reni Ayu Lestari (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA PROGRAM KEAHLIAN KBB SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111111006 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 5111111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
3. NIM. 5111111006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 5111111006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM. 5111111006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 5111111006 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM. 5111111006 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 5111111006 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 5111111006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
13. NIM. 5111111006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
14. NIM. 5111111006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar Konstrusi Bangunan pada kompetensi dasar spesifikasi dan
karakteristik kayu untuk konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian
Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Medan melalui model pembelajaran
Peta Konsep. Model pembelajaran peta konsep adalah salah satu interaktif model
pebelajaran yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas. Karena model
pembelajaran peta konsep dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi
yang diajarkan, mampu mengembangkan materi tersebut dan lebih mudah untuk
mengetahui arah pembelajaran melalui konsep-konsep yang telah dirangkum.
Prosedur penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan
perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi
(reflecting). Sub materi pokok pada siklus I adalah Kuat Tekan Kayu dan Kuat
Tarik Kayu. Dan sub materi pada siklus II adalah Keawetan Kayu dan
Pemeriksaan kayu secara mekanis. Data penelitian diambil dari tes hasil belajar
siswa yaitu tes objektif yang terdiri dari 2 siklus. Dimana siklus I terdiri dari 20
soal dan Siklus II terdiri dari 20 soal. Sebelum dilakukan tes, soal tersebut di uji
terlebih dahulu. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I
terdapat 17 soal valid, uji tingkat kesukaran didapat 11 soal kategori mudah, 9
soal sedang dan tidak ada soal yang sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal
kategori jelek, 5 soal cukup dan 12 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87
(sangat tinggi). Pada siklus II dari 20 soal terdapat 16 soal valid, uji tingkat
kesukaran didapat 13 soal kategori mudah, 7 soal sedang dan tidak ada soal yang
sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal kategori jelek, 9 soal cukup, 7 soal
baik, dan 1 soal sangat baik, uji reliabilitas tes didapat 0,90 (sangat
tinggi).Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif hasil
belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh
kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa, terlihat dari
meningkatnya nilai dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kognitif siswa 77,45
menjadi 84,34 dengan presentase kelulusan 66,76% menjadi 83,33%.
Nilai rata-rata afektif siswa 74,58 menjadi 82,17 dengan presentase kelulusan
50% menjadi 83,33%. Nilai rata-rata psikomotorik siswa 70,63 menjadi 77,71
dengan presentase kelulusan 70,83% menjadi 79,17%. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep
Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Program Keahlian
KBB SMK Negeri 2 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Peta Konsep; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:24 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6019 |