Pasaribu, Indro Alexander (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR (MTD) SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1) NIM 5103111021 Cover.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2) NIM 5103111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3) NIM 5103111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4) NIM 5103111021 PREVACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5) NIM 5103111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6) NIM 5103111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7) NIM 5103111021 ILLUSTRASION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8) NIM 5103111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9) NIM 5103111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
13) NIM 5103111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14) NIM 5103111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Drill terhadap hasil belajar MTD siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi T.P 2016/2017.
Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Berastagi yang diambil secara acak dengan undian sehingga didapat, Kelas X Bangunan Gambar (XBG) sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan Kelas X Bangunan Beton sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 64 orang.
Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu di ujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biserial. Uji reliabilitas tes digunakan rumus K-R20, instrumen tes hasil belajar MTD yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.70104.
Dalam uji normalitas pre-test dan post-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Lhitung<Ltabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji Homogenitas data pre-test menunjukkan Fhitung =1,35 < FTabel = 3,996, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar awal kedua kelas memiliki varians yang sama atau Homogen. Hasil Post-test menunjukkan Fhitung =1,04 < FTabel = 3,996, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kedua kelas juga memiliki varians yang sama atau Homogen.
Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelah kelas eksperimen dikenai pembelajaran metode Drill dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional, nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel pada dk=62 dan α=0,05, diperoleh harga ttabel = 2,001, berarti thitung = 4,85 > ttabel = 2,001, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa pembelajaran metode Drill memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar MTD pada siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016.
Rerata peningkatan hasil belajar mata diklat MTD yang menggunakan pembelajaran metode Drill pada siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Berastagi T.A 2015/2016 lebih tinggi yaitu sebesar 19,53 jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu sebesar 16,25 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Konvensional. Dengan demikian pembelajaran metode Drill memberi pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat MTD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 039 |
Keywords: | menggambar Teknik; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6018 |