PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 5 MEDAN

Jannah, Nazria Marwatul (2024) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMAN 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131026_Cover.pdf] Text
4201131026_Cover.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 4201131026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4201131026_Abstrak.pdf] Text
4201131026_Abstrak.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4201131026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131026_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4201131026_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131026_Daftar_Isi.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4201131026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131026_Daftar_Gambar.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 4201131026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131026_Daftar_Tabel.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 4201131026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of 4201131026_BAB_I.pdf] Text
4201131026_BAB_I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4201131026_BAB_V.pdf] Text
4201131026_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4201131026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media ular tangga digital dan powerpoint pada materi ikatan kimia dan korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu X 11 sebagai kelas eksperimen I dan X 10 sebagai kelas eksperimen II, dimana masing-masing kelas diambil 30 orang siswa berdasarkan kesamaan hasil pretest. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda serta instrumen non tes berupa lembar angket motivasi belajar. Motivasi awal kelas eksperimen I memperoleh 49% dan eksperimen II dengan 55%. Motivasi akhir kelas eksperimen I memperoleh 63% dan eksperimen II 72%. Nilai pre-test kelas eksperimen I dengan nilai rata-rata 30 dan eksperimen II dengan nilai rata-rata 27. Nilai post-test kelas eksperimen I rata-rata 78 dan kelas eksperimen II dengan rata-rata 83. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program computer SPSS Statistic version 24 for Windows menggunakan Independent Sample T-Test dan Bivariate Pearson Correlation. Untuk hipotesis I diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < α (0,05) sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media ular tangga digital. Untuk hipotesis II diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,022 < α (0,05) sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media ular tangga digital. Untuk hipotesis III diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α (0,05) sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media ular tangga digital pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ular Tangga Digital, Powerpoint, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 04:51
Last Modified: 25 Feb 2025 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60132

Actions (login required)

View Item
View Item