Simbolon, Boby Frans C. (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113111008 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM. 5113111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
03. NIM. 5113111008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
04. NIM. 5113111008 KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
05. NIM. 51113111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06. NIM. 51113111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07. NIM. 51113111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM. 51113111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09. NIM. 51113111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
13. NIM. 51113111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 51113111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar konstruksi tangga melalui penerapan strategi pembelajaran Training Within Insustry (TWI) di kelas XI SMK Negeri 2Pematangsiantar.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28 orang, strategi penelitian ini bersifat deskriktif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan
Penelitian ini dilaksanakan dengan dua sisklus dan menggunakan penilaian lembar observasi hasil belajar menggambar konstruksi tangga. Dan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat meningkatnya hasil belajar siswa
Hasil penelitian menggunakan strategi pembelajaran training within industry dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dimana peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana ketuntasan siswa pada siklus I terdapat 6 orang siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan 22 orang siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa pada siklus II tidak terdapat lagi siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Strategi pembelajaran Training Within Industry adalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,76 meningkat menjadi 83,05 dengan rata-rata peningkatan penguasaan materi pada siklus I dan siklus II sebesar 11%.
Dari hasil peningkatan hasil belajar tersebut berarti bahwa penerapan stategi pembelajaran training within industry pada mata diklat menggambar Konstruksi Tangga mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 010 |
Keywords: | Hasil Belajar; Training Within Industry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:56 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6011 |