Dewi, Indah Mutiara (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201131028_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Cover.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 4201131028_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (324kB)
![[thumbnail of 4201131028_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Abstrak.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4201131028_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Kata_Pengantar.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of 4201131028_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Daftar_Isi.pdf
Download (421kB)
![[thumbnail of 4201131028_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Daftar_Gambar.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of 4201131028_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Daftar_Tabel.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 4201131028_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of 4201131028_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_BAB_I.pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of 4201131028_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_BAB_V.pdf
Download (128kB)
![[thumbnail of 4201131028_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat validitas, respon peserta didik dan guru, dan hasil belajar peserta didik terhadap emodul Berbasis Project Based Learning pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA 5. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik pada pembelajaran kimia. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang projek dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata validasi skor 3,38, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa dan guru, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 79% dan 92,64% yang termasuk kedalam kriteria “Baik” dan “Sangat Baik”. Uji hipotesis dengan One Sample T-Test α= 0,05 diperoleh thitung = 7,605, sedangkan ttabel 1,697. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,605 > 1,697). Artinya Ho ditolak, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan e-modul pembelajaran kimia berbasis proyek pada materi asam basa lebih besar dari nilai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul, berbasis Project Based Learning, asam basa, model ADDIE v |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:56 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60090 |