PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ASAM BASA

Dewi, Indah Mutiara (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131028_Cover.pdf] Text
4201131028_Cover.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 4201131028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4201131028_Abstrak.pdf] Text
4201131028_Abstrak.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4201131028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131028_Kata_Pengantar.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4201131028_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131028_Daftar_Isi.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 4201131028_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131028_Daftar_Gambar.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 4201131028_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131028_Daftar_Tabel.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4201131028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 4201131028_BAB_I.pdf] Text
4201131028_BAB_I.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4201131028_BAB_V.pdf] Text
4201131028_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4201131028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, tingkat validitas, respon peserta didik dan guru, dan hasil belajar peserta didik terhadap emodul Berbasis Project Based Learning pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA 5. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik pada pembelajaran kimia. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari tentang projek dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Berdasarkan validitas menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata validasi skor 3,38, kemudian berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa dan guru, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 79% dan 92,64% yang termasuk kedalam kriteria “Baik” dan “Sangat Baik”. Uji hipotesis dengan One Sample T-Test α= 0,05 diperoleh thitung = 7,605, sedangkan ttabel 1,697. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (7,605 > 1,697). Artinya Ho ditolak, Ha diterima sehingga dapat disimpulkan e-modul pembelajaran kimia berbasis proyek pada materi asam basa lebih besar dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul, berbasis Project Based Learning, asam basa, model ADDIE v
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:56
Last Modified: 25 Feb 2025 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60090

Actions (login required)

View Item
View Item