PENGARUH KOLASE AMPAS NANAS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK STAR KIDS DESA SEMPUNG POLLING KEECAMATAN LAE PARIRA KABUPATEN DAIRI

SARAAN, ANGEL Br. (2024) PENGARUH KOLASE AMPAS NANAS TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK STAR KIDS DESA SEMPUNG POLLING KEECAMATAN LAE PARIRA KABUPATEN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113040_Cover.pdf] Text
1203113040_Cover.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 1203113040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1203113040_Abstrak.pdf] Text
1203113040_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1203113040_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113040_Kata_Pengantar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203113040_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113040_Daftar_Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1203113040_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203113040_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1203113040_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113040_Daftar_Tabel.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1203113040_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113040_Daftar_Lampiran.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 1203113040_BAB_I.pdf] Text
1203113040_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 1203113040_BAB_V.pdf] Text
1203113040_BAB_V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203113040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modul ajar yang diterapkan di TK Santo Thomas 2
Medan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka yang diadopsi sekolah ini
menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan mengutamakan perkembangan anak usia dini,
baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Analisis ini berfokus pada struktur modul
ajar, kesesuaian dengan karakteristik anak usia dini, serta penerapan prinsip pembelajaran yang
berpusat pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif, yang dilakukan
melalui kajian dokumen modul ajar dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa modul ajar di TK Santo Thomas 2 Medan telah dirancang untuk mendukung
pengembangan kreativitas, kemandirian, dan karakter anak sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Meskipun demikian, tantangan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ini meliputi
keterbatasan sumber daya dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam memaksimalkan
fleksibilitas kurikulum. Kesimpulannya, modul ajar di TK Santo Thomas 2 Medan sudah
mendukung konsep Kurikulum Merdeka, namun diperlukan dukungan lebih lanjut dalam hal
pelatihan dan pengembangan sumber daya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modul ajar, Kurikulum Merdeka
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:29
Last Modified: 21 Jul 2025 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60078

Actions (login required)

View Item
View Item