PENGARUH MEDIA WEBBLOG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

Marpaung, Ester Muliana (2024) PENGARUH MEDIA WEBBLOG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331012_Cover.pdf] Text
4203331012_Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4203331012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4203331012_Abstrak.pdf] Text
4203331012_Abstrak.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203331012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331012_Kata_Pengantar.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4203331012_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331012_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4203331012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331012_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4203331012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331012_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4203331012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4203331012_BAB_I.pdf] Text
4203331012_BAB_I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203331012_BAB_V.pdf] Text
4203331012_BAB_V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203331012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Webblog Dengan
Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pengambilan sampel dari populasi
secara purposive sampling sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan instrumen tes dan angket. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif
menggunakan Software SPSS 24 for Windows dan dianalisis dengnan uji Independent
Sample T-Test. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh hasil yaitu : pada
Hipotesis I diperoleh presentase rata – rata nilai motivasi kelas eksperimen > kelas
kontrol yaitu 70,36% > 61,6%, dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh
signifikasi data < 0,05 (0,000); H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat
pengaruh media webblog dengan menggunakan model problem based learning
terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran termokimia. Untuk Hipotesis II
mengenai hasil belajar siswa diperoleh signifikasi data dari uji Independent Sample
T-Test 0,001 < 0,05; H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh
media weblog dengan menggunakan model problem based learning terhadap belajar
belajar siswa pada pembelajaran termokimia dengan rata – rata nilai postest kelas
eksperimen > kelas kontrol yaitu 84 > 78. Sementara untuk uji Korelasi antara
motivasi dan hasil belajar kimia siswa diperoleh nilai Sig. 0,000 pada taraf α (0,05)
sebesar 0,953; H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat korelasi positif
antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan media webblog dengan menggunakan model problem based learning
pada materi Termokimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Motivasi, Problem Based Learning, Termokimia, Webblog
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 08:31
Last Modified: 24 Feb 2025 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item
View Item