Marpaung, Ester Muliana (2024) PENGARUH MEDIA WEBBLOG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Cover.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 4203331012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of 4203331012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Abstrak.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 4203331012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Kata_Pengantar.pdf
Download (282kB)
![[thumbnail of 4203331012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Daftar_Isi.pdf
Download (248kB)
![[thumbnail of 4203331012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Daftar_Gambar.pdf
Download (174kB)
![[thumbnail of 4203331012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 4203331012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 4203331012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_BAB_I.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 4203331012_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (389kB)
![[thumbnail of 4203331012_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
![[thumbnail of 4203331012_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (315kB)
![[thumbnail of 4203331012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_BAB_V.pdf
Download (225kB)
![[thumbnail of 4203331012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 4203331012_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331012_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Webblog Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pengambilan sampel dari populasi secara purposive sampling sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan angket. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menggunakan Software SPSS 24 for Windows dan dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh hasil yaitu : pada Hipotesis I diperoleh presentase rata – rata nilai motivasi kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 70,36% > 61,6%, dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,000); H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh media webblog dengan menggunakan model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran termokimia. Untuk Hipotesis II mengenai hasil belajar siswa diperoleh signifikasi data dari uji Independent Sample T-Test 0,001 < 0,05; H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh media weblog dengan menggunakan model problem based learning terhadap belajar belajar siswa pada pembelajaran termokimia dengan rata – rata nilai postest kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 84 > 78. Sementara untuk uji Korelasi antara motivasi dan hasil belajar kimia siswa diperoleh nilai Sig. 0,000 pada taraf α (0,05)sebesar 0,953; H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat korelasi positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media webblog dengan menggunakan model problem based learning pada materi Termokimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi, Problem Based Learning, Termokimia, Webblog |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 08:31 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60065 |