PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Br Ginting, Emia Agiska (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131060_Cover.pdf] Text
4203131060_Cover.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4203131060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 4203131060_Abstrak.pdf] Text
4203131060_Abstrak.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 4203131060_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131060_Kata_Pengantar.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4203131060_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131060_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4203131060_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131060_Daftar_Gambar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4203131060_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131060_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203131060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4203131060_BAB_I.pdf] Text
4203131060_BAB_I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4203131060_BAB_V.pdf] Text
4203131060_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4203131060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada minat belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Direct Instruction pada materi asam basa dan apakah ada korelasi antara ninat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 1 Juhar yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 24 orang/kelas. Pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan model Direct Instruction. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi awal, wawancara, tes hasil belajar, tes minat belajar dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Independent T-Test pada minat dan hasil belajar dengan α = 0,05 diperoleh nilai signifikansi minat belajar = 0,018 dan nilai signifikansi hasil belajar = 0,024, dimana sig. < 0,05 (Ha diterima). Pada uji korelasi kelas eksperimen menggunakan pearson correlation diperoleh nilai korelasi sebesar 0,864 (Ada korelasi positif) dan R square sebesar 0,747, yang berarti persen kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 74,7%. Hal ini berarti model PBL memberikan hasil minat belajar dan hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingkan model Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Pretest-posttest control group design, Minat Belajar, Hasil Belajar, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 07:06
Last Modified: 24 Feb 2025 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60050

Actions (login required)

View Item
View Item