Sitorus, Mutmainnah (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LSQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TGB SMKN BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112111006 COVER.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
2. NIM. 5112111006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
3. NIM. 5112111006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 5112111006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 5112111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 5112111006 TABLE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM. 5112111006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 5112111006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM. 5112111006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM. 5112111006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
14. NIM. 5112111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Statika Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 22 orang.
Hasil uji coba instrumen pada 07 Januari 2016 terhadap hasil belajar siklus I dari 25 soal terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 2 soal mudah, dan 18 soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 8 soal cukup, 11 soal baik dan 1 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 1 soal mudah, 19 soal sedang dan 1 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 8 soal cukup dan 13 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,91 (sangat tinggi).
Berdasarkan hasil evaluasi dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan siklus I nilai rata-rata keaktifan siswa meningkat yaitu 67,23 menjadi 87,88 pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I meningkat yaitu 69,09 ketercapaian kelas 64% menjadi 87,88 ketercapaian kelas 75% pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan Model pembelajaran Learning Start With A Question dapat 1) meningkatkan keaktifan siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Statika Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 029 |
Keywords: | Learning Start With A Question; Keaktifan ; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:32 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6004 |