PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Harahap, Aisyah Sari Dewi (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131059_Cover.pdf] Text
4203131059_Cover.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4203131059_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131059_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 4203131059_Abstrak.pdf] Text
4203131059_Abstrak.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4203131059_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131059_Kata_Pengantar.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4203131059_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131059_Daftar_Isi.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 4203131059_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131059_Daftar_Gambar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4203131059_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131059_Daftar_Tabel.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 4203131059_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131059_Daftar_Lampiran.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 4203131059_BAB_I.pdf] Text
4203131059_BAB_I.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4203131059_BAB_V.pdf] Text
4203131059_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4203131059_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas belajar siswa antara pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Discovery Leaning (DL) berbantuan media Video Pembelajaran serta melihat hubungan antara hasil terhadap aktivitas belajar siswa pada materi reaksi redoks di MAS Muallimin Univa Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas X MIA yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak terpilih dua kelas yaitu Kelas X MIA 2 yang digunakan sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model Discovery Leaning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni instrument tes dan non tes. Instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabel. Instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa yang digunakan untuk mengukur aktivitas siswa. Data dianalisis dengan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukan, untuk kelas eksperimen 1 : aktivitas 75,70 hasil belajar 87,67. Sedangkan kelas eksperimen 2 : aktivitas 82,26 hasil belajar 82,83. Dari pengujian statistik di peroleh sig (0,000) < α (0,05) untuk aktivitas, sedangkan untuk hasil belajar sig (0.001) < α (0,05) H0 ditolak dan Ha diterima, serta hubungan antara aktivitas terhadap aktivitas belajar sisa diperoleh nilai sig (0,000) < α (0,05) dan sig (0,001) < α (0,05) pada kelas eksperimen 1 dan 2 secara berurutan. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar serta terdapat korelasi antara hasil belajar terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan kontribusi variabel aktivitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 64,3% dan 24,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Problem Based Learning, Discovery Learning, Video Pembelajaran¸ Reaksi Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 02:28
Last Modified: 24 Feb 2025 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60001

Actions (login required)

View Item
View Item