ANALISIS STRATEGI TUTOR KELILING DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM GENERASI AMANAH

SARAGIH, MHD RIZKI FADILLAH (2024) ANALISIS STRATEGI TUTOR KELILING DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM GENERASI AMANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203171025_Cover.pdf] Text
1203171025_Cover.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 1203171025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203171025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1203171025_Abstrak.pdf] Text
1203171025_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1203171025_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203171025_Kata_Pengantar.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 1203171025_Daftar_Isi.pdf] Text
1203171025_Daftar_Isi.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1203171025_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203171025_Daftar_Gambar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203171025_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203171025_Daftar_Tabel.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203171025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203171025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203171025_BAB_I.pdf] Text
1203171025_BAB_I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 1203171025_BAB_V.pdf] Text
1203171025_BAB_V.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203171025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203171025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi Tutor Keliling dalam mendukung
keberhasilan program kesetaraan paket C di PKBM Generasi Amanah, Metode
Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi dan wawancara.Subjek dalam penelitian ini
berjumlah 2 orang Tutor Keliling.Teknik Analisis data menggunakan reduksi
data,Penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan uji
kredibilitas dan uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis
strategi pembelajaran yang digunakan Tutor Keliling adalah strategi pembelajaran
langsung,Strategi Tutor Keliling dalam mendukung keberhasilan program
Kesetaraan Paket C di PKBM Generasi Amanah,yaitu:1. melakukan pengulangan
terhadap materi yang kurang dan tidak dipahami oleh peserta didik,memulai dan
mengakhiri pembelajaran dengan doa,mepraktikkan secara langsung materi
pembelajaran yang sedang di pelajari 2. menjadikan diri sendiri sebagai kepribadian
yang menyenangkan,menyesuaikan materi dan media pembelajaran sesuai dengan
karakteristik peserta didik,menggunakan bahasa arab ketika berkomunikasi dengan
peserta didik,mengajak peserta didik beribadah,bercerita kepada peserta didik
ketika di luar kelas,serta berdiskusi dengan Tutor Keliling lainnyaa. 3. memberikan
waktu istirahat kepada peserta didik yang sakit,memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan keinginannyaa dalam melaksanakan
pembelajaran,menarik perhatian peserta didik dengan mengajak bermain games 4.
memperhatikan ranah kejelasan, kemenarikan, berurutan, sesuai dengan ruang
lingkup, mengembangkan penyampain materi pembelajaran dalam bentuk
video,serta melakukan pengecekan terhadap materi pembelajaran yang akan
digunakan. 5. sebelum menentukan dan menggunakan media pembelajaran yang
dipilih,tutor keliling mencoba dan memahami terlebih dahulu media pembelajaran
tersebut,menyiapkan media pembelajaran sendiri sehingga paham terkait media
pembelajaran tersebut. 6. melakukan tes tertulis yang berisi beberapa
pertanyaan,yang dilaksanakan sebelum ujian tengah semester dan akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Pembelajaran.Tutor Keliling
Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
L Education > L Education (General) > L107 Congresses
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:33
Last Modified: 21 Jul 2025 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59987

Actions (login required)

View Item
View Item