SARAGIH, MHD RIZKI FADILLAH (2024) ANALISIS STRATEGI TUTOR KELILING DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM GENERASI AMANAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203171025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Cover.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 1203171025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 1203171025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Abstrak.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 1203171025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Kata_Pengantar.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 1203171025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 1203171025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Daftar_Gambar.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 1203171025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Daftar_Tabel.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 1203171025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 1203171025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_BAB_I.pdf
Download (439kB)
![[thumbnail of 1203171025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_BAB_V.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 1203171025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203171025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (281kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi Tutor Keliling dalam mendukung
keberhasilan program kesetaraan paket C di PKBM Generasi Amanah, Metode
Penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi dan wawancara.Subjek dalam penelitian ini
berjumlah 2 orang Tutor Keliling.Teknik Analisis data menggunakan reduksi
data,Penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan uji
kredibilitas dan uji konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis
strategi pembelajaran yang digunakan Tutor Keliling adalah strategi pembelajaran
langsung,Strategi Tutor Keliling dalam mendukung keberhasilan program
Kesetaraan Paket C di PKBM Generasi Amanah,yaitu:1. melakukan pengulangan
terhadap materi yang kurang dan tidak dipahami oleh peserta didik,memulai dan
mengakhiri pembelajaran dengan doa,mepraktikkan secara langsung materi
pembelajaran yang sedang di pelajari 2. menjadikan diri sendiri sebagai kepribadian
yang menyenangkan,menyesuaikan materi dan media pembelajaran sesuai dengan
karakteristik peserta didik,menggunakan bahasa arab ketika berkomunikasi dengan
peserta didik,mengajak peserta didik beribadah,bercerita kepada peserta didik
ketika di luar kelas,serta berdiskusi dengan Tutor Keliling lainnyaa. 3. memberikan
waktu istirahat kepada peserta didik yang sakit,memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan keinginannyaa dalam melaksanakan
pembelajaran,menarik perhatian peserta didik dengan mengajak bermain games 4.
memperhatikan ranah kejelasan, kemenarikan, berurutan, sesuai dengan ruang
lingkup, mengembangkan penyampain materi pembelajaran dalam bentuk
video,serta melakukan pengecekan terhadap materi pembelajaran yang akan
digunakan. 5. sebelum menentukan dan menggunakan media pembelajaran yang
dipilih,tutor keliling mencoba dan memahami terlebih dahulu media pembelajaran
tersebut,menyiapkan media pembelajaran sendiri sehingga paham terkait media
pembelajaran tersebut. 6. melakukan tes tertulis yang berisi beberapa
pertanyaan,yang dilaksanakan sebelum ujian tengah semester dan akhir semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran.Tutor Keliling |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law L Education > L Education (General) > L107 Congresses |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59987 |