PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM WALIDAYNA

SIANIPAR, JOANE JANETTE (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM WALIDAYNA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203171012_Cover.pdf] Text
1203171012_Cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1203171012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203171012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 1203171012_Abstrak.pdf] Text
1203171012_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203171012_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203171012_Kata_Pengantar.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 1203171012_Daftar_Isi.pdf] Text
1203171012_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203171012_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203171012_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1203171012_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203171012_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203171012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203171012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203171012_BAB_I.pdf] Text
1203171012_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 1203171012_BAB_V.pdf] Text
1203171012_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203171012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203171012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kolaboratif tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa
Inggris Warga Belajar Paket C di PKBM Walidayna. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh hasil belajar warga belajar Paket C dinilai rendah di PKBM
Walidayna.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Sample dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 30
orang dan 27 orang, digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai
kelas kontrol dan akan dipilih secara random sampling.Pengumpulan data
dilakukan dengan uji tes dengan menggunakan SPSS versi 23.Teknik pengelolaan
data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.Untuk uji analisis data
menggunakan uji normalitas, homogenitas, linearitas, dan regresi linear
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: Analisis data tentang pengaruh ini yaitu
dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana
kedua kelas diperoleh 0,002 < 0,05 maka ha di terima dan ho di tolak. Tingkat
pengaruh model pembelajaran kolaboratif tipe learning together terhadap hasil
belajar adalah 36%, dan sisa 64% merupakan faktor lain yang mempengaruhi
hasil belajar Bahasa Inggris tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar
Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3740 Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:33
Last Modified: 21 Jul 2025 08:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59971

Actions (login required)

View Item
View Item