Asnilawati (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111005 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5113111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5113111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 5113111005 PREPACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 5113111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5113111005 TABLE .pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 5113111005 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 5113111005 APPENDICES .pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5113111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 5113111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 5113111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada kompetensi dasar menerapkan spesifikasi dan karakteristik baja dan aluminium untuk konstruksi bangunan di Kelas X SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang Jenis dan klasifikasi baja serta proses pembuatan baja. Pada siklus II mempelajari tentang Jenis dan klasifikasi aluminium serta proses pembuatan aluminium.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 5 soal mudah, 25 soal sedang dan tidak terdapat soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 1 soal sangat baik, 10 soal cukup dan 19 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,91 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal diperoleh 22 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 3 soal mudah, 27 soal sedang dan tidak terdapat soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 3 soal sangat baik, 7 soal cukup dan 20 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,88 (sangat tinggi).
Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai siswa yang memperoleh katagori tinggi 36,36% meningkat pada siklus II menjadi 63,63%, dan hasil belajar siswa, pada siklus I dengan hasil presentase siswa tuntas belajar yaitu 68,18 % meningkat pada siklus II menjadi 90,91 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan siswa Kelas X SMKN Binaan Provinsi Sumatera Utara T.P. 2015/2016. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa lebih semangat dan tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 017 |
Keywords: | Model Pembelajaran TTW; Minat balajar; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 03:21 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5996 |