Simanjuntak:, Taho M (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TGB SMK N 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5113311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
3. NIM. 5113311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 5113311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 5113311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 5113311024 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 5113311024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 5113311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 5113311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 5113311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM. 5113311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak pada siswa kelas XI kompetensi keahlian TGB di SMK N 1 Balige.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-TGB di SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 21 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Balige. Data diperoleh dari hasil pretest, posttest dan observasi, tes yang diberikan merupakan tes praktek. Dari hasil pretest dan postest diperoleh hasil nilai rata–rata dan klasikal ketuntasan belajar siswa.
Pada siklus I hasil pretest yang diberikan kepada 21 siswa, lulus 9 siswa (42,86%) dan tidak lulus 12 (57,14%), dengan nilai rata-rata kelas adalah (68,23%). Hasil posttest setelah menggunakan model pembelajaran langsung tipe explicit instruction diakhir siklus I dari 21 siswa, lulus 16 siswa (76,19%) dan tidak lulus 5 siswa (23,81%), nilai rata-rata kelas adalah (76,86%). Pada siklus II hasil pretest dari 21 siswa siswa, lulus sebanyak 13 siswa (61,90%) dan tidak lulus 8 siswa (39,10%), nilai rata-rata kelas adalah (71,42%). Hasil posttest dari 21 siswa siswa setelah menggunakan model pembelajaran pembelajaran langsung tipe explicit instruction, lulus 19 siswa (90,47%) dan tidak lulus 2 siswa (9,53%), nilai rata-rata kelas adalah (88,09%), maka ketuntasan klasikal pada siklus II sudah tercapai. Dari hasil penelitian dan analisis data penelitian, kesimpulan penelitian setelah dilaksanakan adalah model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 005 |
Keywords: | Explicit instruction; gambar; hasil belajar;model |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 03:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5995 |