Akbar, M. Faisal (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113311014 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 5113311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
3. NIM. 5113311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5113311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 5113311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 5113311014 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 5113311014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 5113311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. NIM. 5113311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
13. NIM. 5113311014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 5113311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik, 2) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik, 3) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik
Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda soal. 1) Hasil uji coba tes Kemampuan Matematika diperoleh 26 butir tes valid dengan koefisien reliabilitas = 0,821 termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba soal angket Disiplin Belajar diperoleh 28 butir angket valid, koefisien reliabilitas = 0,915 termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba soal tes Hasil Belajar Mekanika Teknik diperoleh 29 butir tes valid dari 35 butir total tes yang diujicobakan, koefisien reliabilitas = 0,832.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,747 dan thitung = 6,509 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,739 dan thitung = 6,240. 2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,677 dan thitung = 4,950 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,666 dan thitung = 4,709. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,868 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 44,382. Dengan demikian Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik.
Besar sumbangan efektif dari Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 43,391% dan sumbangan efektif dari Disiplin Belajar terhadap Mekanika Teknik adalah sebesar 31,983%, dengan berarti sumbangan Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 75,375%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 019 |
Keywords: | Kemampuan Matematika; Disiplin Belajar; Hasil Belajar Mekanika Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 03:03 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5992 |