HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Akbar, M. Faisal (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113311014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113311014 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5113311014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5113311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113311014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113311014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113311014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113311014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113311014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113311014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113311014 TABLES.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5113311014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5113311014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5113311014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5113311014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113311014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113311014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5113311014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5113311014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113311014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik, 2) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik, 3) Adanya hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik

Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya pembeda soal. 1) Hasil uji coba tes Kemampuan Matematika diperoleh 26 butir tes valid dengan koefisien reliabilitas = 0,821 termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba soal angket Disiplin Belajar diperoleh 28 butir angket valid, koefisien reliabilitas = 0,915 termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba soal tes Hasil Belajar Mekanika Teknik diperoleh 29 butir tes valid dari 35 butir total tes yang diujicobakan, koefisien reliabilitas = 0,832.

Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,747 dan thitung = 6,509 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,739 dan thitung = 6,240. 2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,677 dan thitung = 4,950 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,666 dan thitung = 4,709. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,868 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 44,382. Dengan demikian Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik.

Besar sumbangan efektif dari Kemampuan Matematika terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 43,391% dan sumbangan efektif dari Disiplin Belajar terhadap Mekanika Teknik adalah sebesar 31,983%, dengan berarti sumbangan Kemampuan Matematika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik adalah sebesar 75,375%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 019
Keywords: Kemampuan Matematika; Disiplin Belajar; Hasil Belajar Mekanika Teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:03
Last Modified: 27 Jun 2016 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5992

Actions (login required)

View Item
View Item