PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN SIGHT SINGING TERHADAP HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BODHICITTA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Sidabutar, Asima (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN SIGHT SINGING TERHADAP HASIL BELAJAR MUSIK ANSAMBEL SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BODHICITTA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136122006_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136122006_COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136122006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136122006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136122006_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136122006_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM. 8136122006_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136122006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136122006_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136122006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136122006_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136122006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136122006_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136122006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136122006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136122006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136122006_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136122006_BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136122006_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136122006_BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136122006_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136122006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar musik ansambel siswa yang diajarkan dengan menggunakan media power point dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video; (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan sight singing tinggi dengan siswa yang memiliki keampuan sight singing rendah; dan (3) interaksi antara media power point dengan kemampuan sight singing dalam mempengaruhi hasil belajar musik ansambel siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Bodhicitta pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 3 kelas. Seluruh siswa berjumlah 148 orang dimana kelas VIII-1 terdiri dari 49 orang, kelas VIII-2 terdiri dari 49 orang, kelas VIII-3 terdiri dari 50 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang untuk kelas VIII-1 dan 41 orang untuk kelas VIII-3. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang digunakan selama melakukan pengamatan, serta instrumen tes kemampuan sight singing untuk mengetahui kemampuan sight singing siswa, dan instrumen tes hasil belajar musik ansambel. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar musik ansambel antara siswa kelas media pembelajaran power point dengan hasil belajar musik ansambel siswa kelas media pembelajaran video dengan Fhitung > Ftabel (20,048 > 3,26); (2) terdapat perbedaan hasil belajar musik ansambel antara siswa yang memiliki kemampuan sight singing tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan sight singing rendah dengan Fhitung > Ftabel (27,760 > 3,26); dan (3) ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan sight singing terhadap hasil belajar musik ansambel dengan Fhitung > Ftabel (23,314 > 3,26) dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian disarankan guru harus lebih cermat dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Media power point merupakan media yang dapat digunakan dalam pembelajaran musik ansambel, dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran power point memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar. Disarankan agar penggunaan media power point dalam pembelajaran semakin dikembangkan dan menjadi bahan pertimbangan pihak sekolah untuk dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.87 Sid p
Keywords: Hasil belajar; Musik ansambel; Media pembelajaran; Sight singing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:11
Last Modified: 23 Jun 2016 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item
View Item