PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL KELAS VII SMP SWASTA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN

NUR, RIZQA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL KELAS VII SMP SWASTA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203510005_Cover.pdf] Text
2203510005_Cover.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 2203510005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203510005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203510005_Abstrak.pdf] Text
2203510005_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 2203510005_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203510005_Kata_Pengantar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 2203510005_Daftar_Isi.pdf] Text
2203510005_Daftar_Isi.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2203510005_Daftar_Gambar.pdf] Text
2203510005_Daftar_Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 2203510005_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203510005_Daftar_Tabel.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 2203510005_BAB_I.pdf] Text
2203510005_BAB_I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2203510005_BAB_V.pdf] Text
2203510005_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 2203510005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203510005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang dari materi teks fabel yang dimana ingin
melihat seberapa berpengarushnya media boneka tangan terhadap proses
pembelajaran, dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana media
boneka tangan ini berpengaruh dalam pembelajaran teks fabel saat sebelum dan
sesudah menggunakan serta apakah ada pengaruh di dalamnya dan penelitian ini
memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penilaian keterampilan menceritakan
kembali teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan media boneka tangan kelas
VII SMP Swasta Nurul Islam Indonesia Medan serta memaparkan apakah terdapat
pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menceritakan
kembali teks fabel. Penelitian ini terpusat pada metode penelitian kuantitatif
eksperimen dengan desain Quasi experimental and special design (Two-group
Post-Test-Only Design). Penelitian ini diselenggarakan di SMP Swasta Nurul
Islam Indonesia Medan pada tahun 2024. Sampel riset ini berjumlah 46 orang
yang mencakup anak ajar kelas VII-2 dan VII-3. Teknik pengumpulan data pada
riset ini ialah observasi dan dokumentasi. Instrumen riset yang dipakai berupa
lembar observasi guru dan instrumen tes. Teknik analisis data berupa uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan
adalah rata-rata skor keterampilan menceritakan kembali teks fabel tidak
menggunakan media adalah 15 dan rata-rata nilai dari kelompok kontrol ini adalah
78,4. Sementara itu rata-rata skor pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata
skor sejumlah 15, karena hasil skor ini maka terbitlah hasil nilai rata-rata
kelompok eksperimen sebesar 86. Demikian dapat disimpulkan bahwasannya
pengaruh penggunaan media boneka tangan dalam pembelajaran dapat dilihat dari
data nilai tersebut, jelas berpengaruh sebagai media dalam pembelajaran teks fabel
di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Boneka Tangan, Keterampilan Menceritakan Kembali, Teks Fabel.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX440 History of the arts
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:08
Last Modified: 19 Feb 2025 02:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59778

Actions (login required)

View Item
View Item