Rizky, Rahmad Nur (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA SINAR HUSNI 2 TR LABUHAN DELI TP 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122038 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM. 5113122038 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 5113122038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 5113122038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM. 5113122038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 5113122038 TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 5113122038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5113122038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 5113122038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 5113122038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM. 5113122038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan media pembelajaran alat simulasi sistem kelistrikan pada materi system penerangan dan kelengkapan tambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning mata diklat teknik listrik dasar otomotif pada materi system penerangan dan kelengkapan tambahan 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (66,67%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (33,33%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 69.73 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 66,67%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 25 siswa (83,33%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (16,67%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81.76 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 20 siswa disiklus I bertambah sebanyak 5 siswa disiklus II menjadi 25 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 10 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 5 siswa di siklus II.
Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning aktivitas dan hasil belajar mata diklat teknik listrik dasar otomotif pada siswa kelas X teknik kendaraan ringan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTM 011 |
Keywords: | Aktivitas; Hasil Belajar, Teknik Listrik; Otomotif; Contextual Teaching And Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:40 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5962 |