Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Pada Materi Kubus Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan

Guci, Putri Tipakaden (2024) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Pada Materi Kubus Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173111064_Cover.pdf] Text
4173111064_Cover.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4173111064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4173111064_Abstrak.pdf] Text
4173111064_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4173111064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111064_Kata_Pengantar.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4173111064_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111064_Daftar_Isi.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4173111064_BAB_I.pdf] Text
4173111064_BAB_I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 4173111064_BAB_V.pdf] Text
4173111064_BAB_V.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4173111064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik, sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian dalam penelitian seperti lembar validasi angket, lembar validasi RPP, lembar validasi bahan ajar digital, lembar validasi instrumen tes, tes kemampuan spasial, serta angket respon guru dan siswa terhadap bahan ajar digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan rata-rata validitas bahan ajar digital untuk materi adalah 3,44 dan 3,82 untuk media dengan kategori sangat layak; (2) bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar digital menunjukkan persentase kepraktisan 82,75% dengan kategori sangat praktis, b) hasil angket respon guru terhadap bahan ajar digital menunjukkan persentase kepraktisan 91,67% dengan kategori sangat praktis; (3) Bahan ajar digital berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%, b) lebih dari 65% siswa telah mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, c) meningkatnya kemampuan spasial siswa setelah menggunakan bahan ajar digital yang dilihat melalui nilai rata-rata siswa meningkat dari 47,67 pada pretest menjadi 86,50 pada posttest. Hasil analisis N-Gain yang menunjukkan kemampuan spasial siswa mengalami peningkatan sebesar 0,725 artinya dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan ajar digital, pendekatan saintifik, kemampuan spasial, kubus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:50
Last Modified: 06 Feb 2025 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59583

Actions (login required)

View Item
View Item