Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Animaker Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Simbolon, Priska Br (2024) Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Animaker Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111090_Cover.pdf] Text
4203111090_Cover.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4203111090_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111090_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4203111090_Abstrak.pdf] Text
4203111090_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203111090_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111090_Kata_Pengantar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203111090_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111090_Daftar_Isi.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4203111090_BAB_I.pdf] Text
4203111090_BAB_I.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 4203111090_BAB_V.pdf] Text
4203111090_BAB_V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4203111090_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan video animasi pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah dan siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah tanpa menggunakan video animasi pembelajaran matematika dan untuk mengetahui pengaruh video animasi pembelajaran matematika berbantuan aplikasi animaker berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap penalaran matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Santo Yoseph Medan T.A. 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Experimental. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,7045 atau 70,45% berada pada kategori tinggi. Sementara, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas kontrol adalah 0,5955 atau 59,55%, berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan video animasi pembelajaran matematika berbantuan aplikasi animaker berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik daripada siswa SMP yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah tanpa menggunakan video animasi pembelajaran matematika. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,047 < 0,05 dan nilai �ℎ����� >������ atau 2,025 > 1,670, maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tedapat pengaruh video animasi pembelajaran matematika berbantuan aplikasi animaker berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Yoseph Medan dengan besar pengaruh adalah 0,5065 yang berada pada kategori efek sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Animasi Pembelajaran, Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis, Aplikasi Animaker
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:36
Last Modified: 05 Feb 2025 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59564

Actions (login required)

View Item
View Item