NUR, NOVIA ALVIANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MICROSOFT SWAY PADA TEMA 5 SUBTEMA 2 PERUBAHAN CUACA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 AEK KANOPAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311169_Cover.pdf
Download (49kB)
1193311169_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (256kB)
1193311169_Abstrak.pdf
Download (419kB)
1193311169_Kata_Pengantar.pdf
Download (386kB)
1193311169_Daftar_Isi.pdf
Download (273kB)
1193311169_Daftar_Tabel.pdf
Download (321kB)
1193311169_Daftar_Gambar.pdf
Download (213kB)
1193311169_Daftar_Lampiran.pdf
Download (215kB)
1193311169_BAB_I.pdf
Download (584kB)
1193311169_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (957kB)
1193311169_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311169_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311169_BAB_V.pdf
Download (341kB)
1193311169_Daftar_Pustaka.pdf
Download (452kB)
1193311169_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif microsoft sway pada tema 5 subtema 2 perubahan cuaca kelas III SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 siswa dan 12 siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen wawancara, instrumen ahli (media dan materi), instrumen praktikalitas (angket respon guru), dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kelayakan produk mendapatkan persentase 73% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapatkan persentase 98% dan termasuk kategori sangat praktis. Hasil efektifitas produk memperoleh hasil 76% dan termasuk kategori efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif microsoft sway pada tema 5 subtema 2 perubahan cuaca dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Interaktif, Microsoft Sway, tema 5 subtema 2 |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 09:19 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 03:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59546 |
