Pengembangan E-Modul berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Patumbak

Nasution, Nur Hazimah (2024) Pengembangan E-Modul berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Patumbak. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111046_Cover.pdf] Text
4201111046_Cover.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 4201111046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of 4201111046_Abstrak.pdf] Text
4201111046_Abstrak.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4201111046_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111046_Kata_Pengantar.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4201111046_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111046_Daftar_Isi.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4201111046_BAB_I.pdf] Text
4201111046_BAB_I.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4201111046_BAB_V.pdf] Text
4201111046_BAB_V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4201111046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa dari kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian ini adalah: (1) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata validasi ahli materi 83,25% dan validasi ahli media 88,56%. (2) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan karena memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil respon guru sebesar 94,5% dan rata-rata hasil respon siswa sebesar 88,10%. E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena telah memenuhi kriteria keefektivan yaitu telah mengalami peningkatan pada nilai ketuntasan belajar secara klasikal dari 7,70% menjadi 88,46% dan dapat diartikan bahwasannya terdapat lebih dari 85% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran memperoleh nilai 75 (KKM). Selanjutnya berdasakan tercapainya indikator/tujuan pembelajaran dimana indikator pertama dari persentase 51,60% menjadi 93,27%, indikator kedua 44,87% menjadi 92,63%, indikator ketiga 37,50% menjadi 82,37%, dan indikator keempat 8,98% menjadi 78,52% dan dapat diartikan bahwa lebih dari 65% siswa mencapai 75% dari ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran. Dan terakhir dilihat dari rata-rata perhitungan N-gain yang diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, Teknologi, Pemecahan, Masalah, Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:31
Last Modified: 05 Feb 2025 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59500

Actions (login required)

View Item
View Item