Nasution, Nur Hazimah (2024) Pengembangan E-Modul berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Patumbak. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201111046_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Cover.pdf
Download (16kB)
![[thumbnail of 4201111046_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (809kB)
![[thumbnail of 4201111046_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Abstrak.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 4201111046_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Kata_Pengantar.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 4201111046_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Daftar_Isi.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of 4201111046_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_BAB_I.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of 4201111046_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_BAB_V.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 4201111046_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (576kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang siswa dari kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Hasil yang diperoleh dari analisis penelitian ini adalah: (1) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata validasi ahli materi 83,25% dan validasi ahli media 88,56%. (2) E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan karena memenuhi kriteria sangat praktis dengan hasil respon guru sebesar 94,5% dan rata-rata hasil respon siswa sebesar 88,10%. E-modul berbasis STEAM yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena telah memenuhi kriteria keefektivan yaitu telah mengalami peningkatan pada nilai ketuntasan belajar secara klasikal dari 7,70% menjadi 88,46% dan dapat diartikan bahwasannya terdapat lebih dari 85% dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran memperoleh nilai 75 (KKM). Selanjutnya berdasakan tercapainya indikator/tujuan pembelajaran dimana indikator pertama dari persentase 51,60% menjadi 93,27%, indikator kedua 44,87% menjadi 92,63%, indikator ketiga 37,50% menjadi 82,37%, dan indikator keempat 8,98% menjadi 78,52% dan dapat diartikan bahwa lebih dari 65% siswa mencapai 75% dari ketercapaian indikator/tujuan pembelajaran. Dan terakhir dilihat dari rata-rata perhitungan N-gain yang diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Teknologi, Pemecahan, Masalah, Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 03:31 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59500 |