PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 35 MEDAN

Panggabean, Lili Yessi (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 35 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111021_Cover.pdf] Text
4203111021_Cover.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4203111021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4203111021_Abstrak.pdf] Text
4203111021_Abstrak.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 4203111021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111021_Kata_Pengantar.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 4203111021_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111021_Daftar_Isi.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4203111021_BAB_I.pdf] Text
4203111021_BAB_I.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of 4203111021_BAB_V.pdf] Text
4203111021_BAB_V.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4203111021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 35 Medan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dan (2) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 35 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together mencapai tuntas klasikal. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VIII-3 SMP N 35 Medan setelah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus dan per siklus dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 SMP N 35 Medan mengalami peningkatan. Pada tes awal yang diberikan, siswa yang tuntas belajar (dikatakan tuntas jika memperoleh nilai minimal 75) ada sebanyak 5 siswa atau persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 17,85% dengan nilai rata-rata kelas 49,33 (tingkat kemampuan kategori sangat rendah). Selanjutnya, setelah diberikan tindakan, pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50% atau terdapat 14 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 73,43 (tingkat kemampuan kategori sedang), dan pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas, ketuntasan klasikal mencapai 85,71% atau terdapat 24 siswa dari 28 siswa tuntas dengan nilai rata-rata kelas 81,92 (tingkat kemampuan kategori tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 di SMP N 35 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran, Numbered Head Together, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:42
Last Modified: 04 Feb 2025 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59464

Actions (login required)

View Item
View Item