Akbar, Mhd. Rizki (2016) HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI YANG DIAJAR DENGAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS X SMK N 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5102121009 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 5102121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 5102121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 5102121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 5102121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 5102121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 5102121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 5102121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
12. NIM. 5102121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. NIM. 5102121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode peta konsep pada mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi kelas X MP 1 Dan MP 3 SMK Negeri I Stabat tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MP1 dan MP 3 SMK Negeri I Stabat. Pemilihan didapat kelas X MP 1 yang terdiri atas 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas MP 3 yang terdiri atas 30 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain non equivqlent control group design, Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) sebesar 0.05. Uji normalitas posttest dengan metode pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung (0.1009)< Ltabel(0.161) pada kategori normal, uji normalitas post test kelistrikan mesin dan konversi energi dengan metode peta konsep diperoleh Lhitung(0.0903)< Ltabel(0.161) pada ketegori normal. Uji homogenitas post test kelompok sampel siswa kelistrikan mesin dan konversi energi dari kedua kelas Fhitung(1,22)< Ftabel(1.89) dimana seluruh varians adalah homogen. Sehingga dapat disimpulkan kelompok sampel siswa kelistrikan mesin dan konversi dari kedua kelas memiliki kesamaan varians (Homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji t dua pihak dimana diperoleh thitung = 3.45 sedangkan ttabel = 1.69, thitung> ttabelberarti Haditerima dan Hoditolak. Jika terdapat perbedaan berarti terdapat pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran kelistrikan dan konversi energi. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi penerapan metode peta konsep guru SMK N 1 Stabat guna mendukung hasil siswa belajar khususnya hasil belajar kelistrikan mesin dan konversi energi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 058 |
Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Peta Konsep; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:55 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5945 |