Sitompul, Henri Adianto (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5103121014 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 5103121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. NIM 5103121014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM 5103121014 FOREWORD.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM 5103121014 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 5103121014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 5103121014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 5103121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
12. NIM 5103121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
13. NIM 5103121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 5103121014 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Memahami Proses-proses Dasar Pembentukan Logam dengan Menggunakan Metode Tutorial Sebaya pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Metode Tutorial Sebaya sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan metode tutorial sebaya meningkat, Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 5 siswa dan persentase ketuntasan klasikal hanya 16,67%. Pada siklus I dengan penerapan Metode Tutorial Sebaya diperoleh siswa yang mendapat nilai≥70 berjumlah16 siswa dan persentase ketuntasan klasikal 53,33%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata nilai kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan Metode Tutorial Sebaya diperoleh peningkatan bahwa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 26 siswa dan ketuntasan klasikal menjadi 86,67 %. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Metode Tutorial Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Siatas Barita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-206 MSN 028 |
Keywords: | Metode Tutorial Sebaya; Meningkatkan Hasil Belajar; Dasar Teknik Mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:50 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5944 |