PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP SWASTA PEMBANGUNAN NASIONAL PANGKALAN SUSU

Dari, Wulan (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP SWASTA PEMBANGUNAN NASIONAL PANGKALAN SUSU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111059_Cover.pdf] Text
4171111059_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4171111059_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111059_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 4171111059_Abstrak.pdf] Text
4171111059_Abstrak.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4171111059_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111059_Kata_Pengantar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4171111059_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111059_Daftar_Isi.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 4171111059_BAB_I.pdf] Text
4171111059_BAB_I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4171111059_BAB_V.pdf] Text
4171111059_BAB_V.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4171111059_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan respon siswa. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 dosen jurusan matematika dan 3 guru matematika SMP Swasta Pembangunan Nasional Pangkalan Susu. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 23 siswa kelas VIII SMP Swasta Pembangunan Pangkalan Susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan articulate storyline pada materi bangun ruang sisi datar memperoleh rata-rata persentase 94,73% dengan kriteria “sangat valid” oleh penilaian ahli materi dan ahli media, memperoleh rata-rata persentase 92,9% dengan kriteria “sangat praktis” oleh penilaian praktisi pembelajaran, dan memperoleh rata-rata persentase 81,8% dengan kriteria “sangat efektif” oleh penilaian siswa. Media pembelajaran juga dikatakan efektif jika dilihat dari skor hasil belajar siswa yaitu diperoleh persentase ketuntasan sebesar 100%. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi sistem persamaan linear dua variabel telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Interaktif, Articulate Storyline
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:47
Last Modified: 03 Feb 2025 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59406

Actions (login required)

View Item
View Item