PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Husna, Nur Annisa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172111013_Cover.pdf] Text
4172111013_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4172111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4172111013_Abstrak.pdf] Text
4172111013_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4172111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4172111013_Daftar_Isi.pdf] Text
4172111013_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4172111013_BAB_I.pdf] Text
4172111013_BAB_I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4172111013_BAB_V.pdf] Text
4172111013_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4172111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan respons siswa. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 2 dosen jurusan matematika dan 3 guru matematika di SMP Harapan 1 Medan. Media yang dikembangkan ini diujicobakan kepada 50 siswa kelas VIII SMP Harapan 1 Medan yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 35 Medan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh untuk tingkat kevalidan media dari ahli materi menunjukan rata-rata skor sebesar 91.1% dengan kategori “Sangat Valid”, dari ahli media menunjukan rata-rata skor sebesar 88.78% dengan kategori “Sangat Valid”, dan perolehan nilai praktisi menunjukkan rata-rata skornya sebesar 86.54% dengan kategori “Sangat Praktis”. Selanjutnya media pembelajaran Augmented Reality Bangun Ruang Sisi Datar dapat dikatakan efektif berdasarkan hasil analisis angket respons dan hasil belajar siswa. Angket respons siswa memperoleh persentase sebesar 81.79% dengan kategori “Sangat Efektif”, sedangkan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 88.2 dan persentase ketuntasan skor hasil belajar siswa adalah 88%. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar telah teruji valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Augmented Reality
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:37
Last Modified: 03 Feb 2025 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59380

Actions (login required)

View Item
View Item