Masridi., Aditiya (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK DAN ELEMEN MESIN PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK SWASTA BUDHI DARMA INDRAPURA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5113121002 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. 5113121002 LEGIMINATION SHEET.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3. 5113121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. 5113121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. 5113121002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 5113121002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. 5113121002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
8. 5113121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
12. 5113121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
13. 5113121002 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura melalui model pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 38 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, didapati pada siklus I nilai rata – rata pretest siswa 47.52, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 67.89. Kemudian setelah dilakukan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT nilai posttest pada siklus II meningkat menjadi 75.26. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa, dimana pada siklus I terdapat 24 orang siswa (63.15 %) dinyatakan tuntas dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 33 orang siswa (86.84%) yang dinyatakan tuntas belajar, dan terdapat 5 orang yang tidak tuntas belajar. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu terdapat 23.68 % siswa tergolong aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 86.84 % siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta Budhi Darma Indrapura T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 018 |
Keywords: | Hasil Belajar Mekanika Teknik;Elemen Mesin; Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 03:58 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5937 |